Misteri Mimpi: Mimpi Ditusuk Berkali-kali, Tanda Ada Organ Tubuh yang Sakit Serius

Ade Sulaeman

Penulis

terbangun saat tidur
terbangun saat tidur

Intisari-Online.com - Sekitar 1350 SM bangsa Mesir telah memiliki semacam primbon tafsir mimpi dalam bentuk buku papirus.

Misalnya, mimpi menggergaji pohon bisa berarti kematian musuh, sementara gigi tanggal biasanya menunjukkan akan meninggalnya salah seorang keluarga dekat.

(Baca juga: Misteri Mimpi: Abraham Lincoln Bermimpi Tewas Terbunuh, dan Menjadi Kenyataan!)

Dari sinilah ditarik kesimpulan tindakan pencegahan apa yang perlu dilakukannya untuk mencegah musibah itu.

Berbeda dengan yang dilakukan bangsa Mesir, masyarakat Yunani kuno justru menggunakan mimpi untuk mendapatkan penjelasan jenis pengobatan suatu penyakit yang paling tepat.

Misalnya, seseorang penderita penyakit diharuskan ke kuil untuk berpuasa, memberikan persembahan, dan mendengarkan pesan-pesan dari pendeta sebelum tertidur.

Dalam tidur itu ia diharapkan mendapatkan mimpi berisi petunjuk, pengobatan atas penyakitnya.

(Baca juga: Apa Arti Mimpi Seks Anda?)

Di zaman modern, serupa dengan pandangan bangsa Mesir, mimpi mulai ditafsirkan sebagai pertanda bahwa penyakit tertentu akan menimpa seseorang.

Adalah Vasili Nikolayevich Kasatkin, dokter dari Rusia, yang mencoba membongkar rahasia hubungan itu.

Menurutnya, bagian tertentu otak bisa menangkap penyimpangan di dalam tubuh dan menampilkannya melalui mimpi sebelum gejala-gejala penyakitnya terdeteksi.

Bagian yangdisebut pita mimpi ini berupa lapisan sel-sel aktif di bagian luar otak, yang mencatat setiap penyimpangan dari setiap fungsi kerja bagian tubuh lainnya.

Kasatkin yakin, sel ini sangat sensitif, khususnya di malam hari. Karena sedikit terjadi gangguan, pada malam harilah bisa ditangkap gejala yang mungkin di siang hari tidak terdeteksi.

Dari ribuan data yang telah dikumpulkan sejak masa PD II ia menemukan beberapa pola khas.

(Baca juga: Inilah Tafsir Beragam Mimpi 'Basah')

Misalnya, seorang wanita yang dalam mimpi merasa tulang rusuknya remuk, pertanda wanita ini akan menderita penyakit pada paru-paru, entah berupa kanker atau TBC.

Sebaliknya, tekanan darah tinggi, bisa ditandai oleh mimpi yang penuh kekhawatiran, seperti yang dialami seorang insinyur yang berulang kali bermimpi bangunan yang didirikannya roboh dan menimpanya.

Sementara mimpi terluka, misalnya ditusuk berkali-kali, bisa memberikan peringatan adanya organ dalam tubuh yang sakit serius. Luka pada bagian badan, bisa berarti ia terserang penyakit ginjal.

Yang luar biasa, Kasatkin bisa menarik kesimpulan mimpi merasa lemah saat pisau memotong leher, artinya si pemimpi bisa jadi mengalami gangguan kejiwaan.

Namun, menurut Kasatkin, hanya mimpi buruk yang datang berulang-ulang yang mengandung arti.

Sedangkan mimpi yang sekali-sekali, menurut hipotesis paling masyhur para ilmuwan abad XIX, pastilah dipicu oleh rangsangan luar tertentu.

Misalnya, seseorang bermimpi jatuh dari pohon, ternyata begitu bangun ia memang terjatuh dari ranjangnya.

(Seperti pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Desember 1995)