9 Pertanyaan Kunci Pernikahan Bahagia

K. Tatik Wardayati

Penulis

9 Pertanyaan Kunci Pernikahan Bahagia
9 Pertanyaan Kunci Pernikahan Bahagia

Intisari-Online.com – Komunikasi, juga ketiadaannya, merupakan akar dari semua masalah dalam perkawinan.

Daripada menunggu untuk isu-isu yang muncul dan gagal untuk berkomunikasi dengan baik, cobalah duduk pada satu malam saja dalam setiap minggu. Mintalah pasangan untuk menjawab 9 pertanyaan di bawah ini. Jangan lupa kita pun menjawab pertanyaan itu juga lo.

Tanyakan kepada siapa pun yang terlihat perkawinannya bahagia dan bagaimana mereka melakukannya. Mereka pasti akan menjawab, komunikasi satu sama lain.

Jika Anda memiliki waktu yang sempit untuk berkomunikasi dengan pasangan, cobalah menyisihkan waktu setiap minggu untuk meminta pasangan menjawab 9 pertanyaan berikut ini.

  1. Bagaimana minggu ini? Begitu sederhana, namun sangat jarang diminta. Seorang pakar hubungan, April Masini, menyatakan ini adalah pertanyaan yang paling penting untuk pasanan Anda jawab. Tanpa perlu mengulang pertanyaan, ini membuat suami Anda merasa diterima.
  2. Apa rencanamu minggu depan? Ambil kalender dan bersama-sama mendiskusikan apa rencana masing-masing selama seminggu. Apakah ia harus bekerja lembur beberapa hari? Jangan lupa untuk menyisihkan waktu kencan malam berdua. Tidak harus mewah, tapi jadwalkan saja di tengah kesibukan berdua.
  3. Apa yang bisa saya lakukan untuk membantumu minggu ini? Ingat, pernikahan adalah kemitraan. Sebagai wanita mungkin Anda akan tenggelam ke dalam kesibukan di tempat kerja atau merawat anak-anak, tapi pernikahan harus menjadi prioritas utama. Meminta suami untuk memberitahu Anda apa yang bisa Anda lakukan minggu ini untuk membuat hidupnya lebih mudah. Dengan cara ini, dia pun akan dengan senang hati membantu kesulitan istrinya.
  4. Apakah aku melakukan sesuatu yang mengganggumu seminggu terakhir ini? Berhati-hatilah dengan pertanyaan ini. Bersikaplah saling terbuka untuk mengatakan mungkin saja suami tidak menelepon ketika ia pulang terlambat sehingga membuat Anda menunggunya terlalu lama untuk makan malam.
  5. Bagaimana saya bisa membuatmu merasa dicintai? Dalam pernikahan, penting untuk merasa dicintai oleh pasangan. Hal ini berbeda dengan menawarkan untuk membantu mereka. Mungkin suami merasa dicintai ketika Anda mengejar dia secara seksual, mungkin dia mencintai ketika Anda menawarkan untuk membuat minuman favoritnya atau hanya ketika berpelukan di sofa.
  6. Bagaimana di tempa kerja? Seringkali pasangan males kalau diajak bicara tentang pekerjaan. Tentunya sulit untuk mengetahui pekerjaan pasangan sehari-hari dengan santai saat makan malam. Tanyakan saja kepada pasangan apakah ia menyelesaikan proyek terakhir, apakah ia senang dengan posisinya saat ini dan bagaimana rencana lima tahun ke depan.
  7. Bagaimana kehidupan seks kita? Bisa jadi ini sulit untuk ditanyakan, tapi menjadi suatu keharusan. Apakah suami merasa dikejar oleh libido Anda? Apakah dia merasa diinginkan? Apa yang dibutuhkannya secara seksual?
  8. Apakah pasangan perlu waktu sendirian minggu ini? Setiap orang perlu waktu sendirian. Suami kadang-kadang merasa bersalah karena ingin punya waktu sendirian padahal Anda sudah bersama anak-anak sepanjang hari. Ya, benar, suami pun membutuhkan waktu sendirian seperti hanya istri. Mungkin memberinya satu jam pada hari tertentu setelah bekerja, demikian bergantian waktunya dengan Anda.
  9. Apa yang membuatmu bahagia minggu ini? Jawaban atas pertanyaan ini mungkin akan mengejutkan. Mungkin saja kita sudah membuatkan makanan favoritnya ketika ia sedang menonton TV. Apapun jawabannya, pasti ini membuat Anda senang.