Agar Anak Biasa Berkata ‘Manis’

Ade Sulaeman

Penulis

Agar Anak Biasa Berkata ?Manis?
Agar Anak Biasa Berkata ?Manis?

Intisari-Online.com - Melihat dan mendengar seorang anak yang betutur kata ‘manis’ tentu menyenangkan. Di sisi lain, mungkin Anda penasaran ingin tahu siapa orangtuanya dan bagaimana dia mengajarkan anaknya tersebut.

Apa saja, sih, kata-kata "manis" yang wajib dikenalkan ke anak pertama kali? Tentu saja: terima kasih, maaf, tolong, silahkan, dan kata salam (halo, selamat tinggal, atau sampai jumpa).

Nah, berikut ini tips agar anak terbiasa berkata ‘manis’:

1. Jadi Role Model

Agar anak terdorong mengatakan hal-hal baik, orangtua tidak bisa sekadar menyuruh anak mengatakannya begitu saja. Orangtua harus menjadi role model bagi anak dengan menerapkan kata-kata itu dalam berbagai kesempatan.

Misalnya, "Pa, terima kasih ya sudah jemput Mama", "Nak, maaf tadi Mama lupa masakkan ikan kesukaanmu", "Nak, tolong dulu bereskan mainanmu", "Silahkan duduk" (kepada tamu), dan lain sebagainya.

2. Jelaskan Tujuan

Selain itu, jelaskan kepada anak mengapa kata-kata baik itu penting diucapkan. Tidak hanya untuk menjalin relasi dan komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitar, tapi juga menunjukkan sikap positif.

Misalnya ketika anak meminta tolong dengan lembut. Itu akan membuat lawan bicaranya cenderung memberikan keinginannya dengan senang hati. Di sisi lain, lawan bicaranya juga akan merasa dihargai dengan sikap sopan anak.

3. Terapkan Sejak Dini

Lakukan kebiasaan ini sejak anak masih sangat dini, sehingga anak punya banyak waktu untuk menangkapnya dan mampu memaknai bahwa hal itu penting dilakukan.

Jika Anda baru mengajarinya di usia 4 atau 5 tahun rasanya sudah terlambat sekali. Tapi ya, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan?

4. Puji Anak

Ketika anak mengatakan kata-kata "manis" itu, tidak ada salahnya Anda memujinya sesekali. Dengan begitu anak semakin yakin bahwa perbuatannya merupakan hal yang baik untuknya dan orang lain.

(Ester/tabloidnova.com)