Tahap II Tinggal 1 Bulan Lagi, Ini Cara Daftar BLT 2023 Secara Online

Ade S

Penulis

Ilustrasi BLT. Ingin mendapatkan BLT 2023 sebelum tahap II berakhir? Simak cara daftar BLT 2023 secara online melalui HP di sini. Cek syarat dan langkahnya sekarang!
Ilustrasi BLT. Ingin mendapatkan BLT 2023 sebelum tahap II berakhir? Simak cara daftar BLT 2023 secara online melalui HP di sini. Cek syarat dan langkahnya sekarang!

Intisari-Online.com -Bantuan sosial (bansos) adalah salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, terutama di masa pandemi.

Ada beberapa jenis bansos yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos), seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bansos atau BLT tersebut, berikut ini cara mendaftar BLT 2023 secara online:

Cek Status Penerima Bansos

Sebelum mendaftar bansos, Anda perlu memastikan apakah Anda termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai penerima bansos atau tidak.

Caranya adalah dengan mengunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id/ dan mengisi data diri sesuai dengan KTP, seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, dan nama penerima manfaat.

Kemudian, klik tombol "Cari Data" dan lihat hasilnya.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima bansos, maka Anda bisa menunggu pencairan bansos sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Kemensos.

Jika Anda belum terdaftar atau tidak lolos verifikasi, maka Anda bisa mengajukan diri sebagai penerima bansos melalui aplikasi Cek Bansos.

Unduh dan Registrasi Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos adalah aplikasi resmi dari Kemensos yang bisa digunakan untuk mengecek status penerima bansos, mengusulkan diri sebagai penerima bansos, dan menyampaikan sanggahan jika ada penerima bansos yang tidak berhak.

Baca Juga: Benarkah Ada Aliran Dana BLT Kepada 3 Parpol? Ini Fakta Sebenarnya!

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store dengan mencari kata kunci "Cek Bansos".

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Anda perlu melakukan registrasi dengan membuat akun baru.

Caranya adalah dengan mengisi data diri seperti nomor Kartu Keluarga, NIK, nama lengkap, alamat sesuai KTP, dan email. Kemudian, unggah foto swafoto dengan KTP dan foto KTP secara terpisah.

Setelah itu, klik tombol "Buat Akun Baru" dan cek email Anda untuk melakukan aktivasi akun.

Daftar Usulan Penerima Bansos

Setelah berhasil membuat akun dan login di aplikasi Cek Bansos, Anda bisa mengajukan diri sebagai penerima bansos dengan cara klik menu "Daftar Usulan" dan kemudian klik tombol "Tambah Usulan".

Isi data diri yang ingin diusulkan sebagai penerima bansos, seperti nama lengkap, NIK, alamat lengkap, nomor HP, dan jenis bansos yang diinginkan (BPNT, PKH, atau BLT Dana Desa).

Pastikan data yang diisi sesuai dengan KTP dan memenuhi syarat sebagai penerima bansos.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai penerima bansos adalah:

- WNI (Warga Negara Indonesia)
- Memiliki KTP
- Termasuk dalam kategori masyarakat ekonomi menengah ke bawah
- NIK yang sudah terdaftar dalam DTKS sebagai penerima bansos 2023

Jika sudah selesai mengisi data usulan, klik tombol "Kirim Usulan" dan tunggu proses verifikasi dan validasi dari Kemensos. Anda bisa mengecek status usulan Anda di menu "Daftar Usulan" dengan melihat warna indikatornya.

Baca Juga: BLT Merupakan Redistribusi Program Apa? Simak Penjelasan Ini!

Jika warna indikator hijau berarti usulan Anda sudah lolos verifikasi dan validasi. Jika warna indikator merah berarti usulan Anda ditolak. Jika warna indikator kuning berarti usulan Anda masih dalam proses⁴⁵.

Manfaatkan Fitur Sanggah

Selain mengusulkan diri sebagai penerima bansos, Anda juga bisa menyampaikan sanggahan jika ada penerima bansos yang tidak berhak atau tidak sesuai dengan data yang terdaftar.

Caranya adalah dengan klik menu "Sanggah" dan kemudian klik tombol "Tambah Sanggahan".

Isi data diri Anda sebagai pelapor dan data diri penerima bansos yang ingin disanggah, seperti nama lengkap, NIK, alamat lengkap, dan jenis bansos yang diterima.

Kemudian, pilih alasan sanggahan dan lampirkan bukti pendukung, seperti foto atau video. Setelah itu, klik tombol "Kirim Sanggahan" dan tunggu proses penanganan dari Kemensos.

Demikianlah cara daftar BLT 2023 secara online melalui HP. Semoga bermanfaat dan membantu Anda mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Baca Juga: Masih Ada! Ini Cara Cek BLT Dana Desa Tahun 2023 Secara Online

Artikel Terkait