Perhitungan Weton Jodoh Online, Apa Saja yang Tidak Boleh Menikah?

Ade S

Penulis

Ilustrasi pasangan bertengkar. Berikut ini perhitungan weton jodoh online.
Ilustrasi pasangan bertengkar. Berikut ini perhitungan weton jodoh online.

Intisari-Online.com -Weton dipercaya memiliki pengaruh besar terhadap karakter, nasib, dan kecocokan seseorang dengan pasangannya.

Namun, tidak semua weton bisa cocok dan harmonis dalam pernikahan. Ada beberapa weton yang dianggap tidak boleh menikah karena akan membawa sial atau masalah.

Apa saja weton-weton tersebut?Seperti apa perhitungan weton jodoh online? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa itu Weton Jodoh?

Weton jodoh adalah suatu sistem penanggalan yang berasal dari kalender Jawa yang dipercaya dapat meramal kecocokan dan keserasian antara dua orang yang berencana menikah.

Perhitungan weton jodoh menggabungkan hari dan pasaran dalam kalender Jawa dari weton kelahiran masing-masing pasangan.

Weton kelahiran diyakini mencerminkan watak, sifat, nasib, dan masa depan seseorang.

Bagi sebagian masyarakat Jawa, khususnya yang beragama Islam, weton jodoh masih menjadi tradisi yang dihormati.

Weton jodoh dipandang sebagai salah satu faktor penting dalam memilih pasangan hidup, karena berkaitan dengan keharmonisan dan kesejahteraan rumah tangga di masa depan.

Weton jodoh juga turut menentukan proses lamaran dan pernikahan adat Jawa.

Baca Juga: Perhitungan Weton Jodoh Online Berdasarkan Tanggal Lahir

Bagaimana Cara Menghitung Weton Jodoh?

Untuk menghitung weton jodoh, kita perlu mengetahui weton kelahiran masing-masing pasangan terlebih dahulu. Weton kelahiran dapat dicari dengan menggunakan tabel berikut:

Tabel perhitungan weton jodoh online
Tabel perhitungan weton jodoh online

Neptu adalah nilai angka yang diberikan untuk setiap hari dan pasaran. Untuk mendapatkan weton kelahiran, kita cukup menjumlahkan neptu hari dan neptu pasaran. Misalnya, seseorang yang lahir pada hari Kamis Wage, maka weton kelahirannya adalah 8 + 4 = 12.

Setelah mengetahui weton kelahiran masing-masing pasangan, kita dapat menghitung weton jodoh dengan cara menjumlahkan weton kelahiran keduanya. Misalnya, pria lahir pada hari Kamis Wage (12) dan wanita lahir pada hari Rabu Pon (14), maka weton jodohnya adalah 12 + 14 = 26.

Hasil penjumlahan weton jodoh kemudian dapat dilihat artinya dalam tabel berikut:

Tabel hasil penjumlahan weton
Tabel hasil penjumlahan weton

Tabel di atas hanya bersifat umum dan tidak mutlak. Hasil ramalan weton jodoh bisa saja saling bertentangan pada setiap petung atau metode perhitungan lainnya.

Hasil ramalan yang positif (baik) dapat mengurangi pengaruh ramalan yang negatif (buruk), begitu pula sebaliknya.

Apa Saja Weton yang Tidak Boleh Menikah?

Selain menghitung weton jodoh secara keseluruhan, ada juga beberapa weton yang dianggap tidak boleh menikah karena membawa pengaruh buruk bagi kedua pasangan. Berikut adalah beberapa contohnya:

Baca Juga: Pesthi 24: Rahasia Keharmonisan Rumah Tangga ala Budaya Jawa

1) Weton Senin Kliwon dengan Senin Kliwon

Dianggap sebagai weton tertinggi yang memiliki kekuatan gaib tinggi. Jika dua orang dengan weton ini menikah, maka akan terjadi persaingan dan pertentangan yang berujung pada perceraian.

2) Weton Selasa Legi dengan Selasa Legi

Dianggap sebagai weton yang membawa kesialan dan kesengsaraan. Jika dua orang dengan weton ini menikah, maka akan mengalami banyak masalah, bencana, dan kemiskinan.

3) Weton Rabu Kliwon dengan Rabu Kliwon

Dianggap sebagai weton yang memiliki kekuatan magis yang tinggi. Jika dua orang dengan weton ini menikah, maka akan terjadi hal-hal aneh dan mistis yang mengganggu kehidupan rumah tangga mereka.

4) Weton Kamis Pon dengan Kamis Pon

Dianggap sebagai weton yang membawa keberuntungan dan kemakmuran. Jika dua orang dengan weton ini menikah, maka akan menjadi kaya raya dan bahagia. Namun, hal ini juga menimbulkan rasa iri dan dengki dari orang-orang sekitar yang bisa mengancam keselamatan mereka.

5) Weton Jumat Legi dengan Jumat Legi

Dianggap sebagai weton yang memiliki daya tarik yang tinggi. Jika dua orang dengan weton ini menikah, maka akan menjadi pasangan yang harmonis dan romantis.

Namun, hal ini juga membuat mereka mudah tergoda oleh godaan dari pihak ketiga yang bisa merusak hubungan mereka.

Baca Juga: 6 Weton Jawa yang Memiliki Daya Tarik Luar Biasa bagi Lawan Jenis

Trivia

Berikut adalah beberapa trivia tentang weton jodoh yang mungkin menarik untuk diketahui:

Halo, ini adalah Bing. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda secara singkat:

1) Weton apa saja yang tidak boleh menikah?

Menurut kepercayaan Jawa, ada beberapa weton yang tidak boleh menikah karena dianggap akan membawa sial atau kesulitan dalam rumah tangga. Weton-weton tersebut adalah: Senin Kliwon, Selasa Legi, Rabu Pahing, Kamis Pon, dan Jumat Wage. Weton-weton ini disebut sebagai weton sial atau weton ghaib.

2) Weton Tertinggi apa?

Weton tertinggi adalah weton yang memiliki neptu paling tinggi. Neptu adalah jumlah angka hari dan pasaran. Hari dan pasaran memiliki angka masing-masing, misalnya Senin memiliki angka 5 dan Legi memiliki angka 5. Jadi, neptu dari Senin Legi adalah 5 + 5 = 10. Weton tertinggi adalah Minggu Pahing dengan neptu 18 (9 + 9).

3) Bagaimana cara menghitung weton?

Cara menghitung weton adalah dengan menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa. Hari dalam seminggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Hari pasaran Jawa ada lima, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon dan Legi. Misalnya, jika Anda lahir pada hari Sabtu dan pasaran Kliwon, maka weton Anda adalah Sabtu Kliwon.

4) Apa weton tanggal lahir?

Untuk mengetahui weton tanggal lahir Anda, Anda perlu mencari tahu hari dan pasaran saat Anda lahir. Anda bisa menggunakan aplikasi online yang tersedia di internet untuk cek weton berdasarkan tanggal lahir. Atau Anda bisa menggunakan kalender Jawa yang biasanya mencantumkan hari dan pasaran setiap tanggal.

Baca Juga: Mengenal Weton Jodoh: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Artikel Terkait